Link on target/id

From Lazarus wiki
Jump to: navigation, search

English (en) Bahasa Indonesia (id) русский (ru)

Opsi -st menunda perangkaian dan link untuk dibuat secara manual setelah mengkompilasi dengan fpc. Sebaliknya naskah yang dibuat, ketika dijalankan pada target, melengkapi proses pembangunan. Nama naskah adalah <target>_ppas.

Naskah mengasumsukan susunan file adalah sama pada target seperti pada host, dan direktori naskah itu adalah direktori saat ini. Tergantung pada penyiapan, ini bisa dilaksanakan dalam cara yang berbeda. Jika target ada pada komputer yang berbeda, file harus ditransfer via jaringan, disket atau dengan cara lainnya. Jika target adalah sistem operasi berbeda pada mesin yang sama, files tidak harus dipindahkan secara fisik. Sebaliknya, cukup mematikan host dan memeulai target sistem operasi. Ketika mengkompilasi pada Darwin (MacOS X) sebagai host untuk MacOS (klasik) sebagai target, seseorang bahkan tidak harus memulai lagi, jika lingkungan kompatibilitas klasik terinstalasi. Daripada cukup mengalihkan ke MPW (yang berjalan dalam lingkungan kompatibilitas klasik) dan menjalankan naskah anda di sana (tapi baca catatan di bawah).

Hal yang mengganjal saat menjalankan naskah dalam MPW: Karena naskah dibuat dalam Darwin, ia tidak memiliki tipe file Mac dan pembuatnya. Karena MPW ini menolak untuk menerimanya sebagai sebuah naskah. Maka anda harus memberikannya sebuah tipe file Mac, yang dapat dilakukan dengan perintah berikut dalam MPW:

 SetFile -c 'MPS ' -t 'TEXT' filename

Baca selengkapnya mengenai bekerja dengan MPW dalam MPW.

Catatan bahwa beberapa opsi yang diberikan kepada kompilator, juga akan mempengaruhi naskah yang dibuat:

 -a

... normalnya berarti bahwa kompilator tidak menghapus file assembler yang dibuat. Ketika digunakan dengan -st ( atau -s ) naskah yang dibuat akan dijalankan, tidak menghapus file assembler. Ini baik untuk keperluan men-debug.